• LEGIONNAIRE DISSEASE

    Beberapa waktu yang lalu Indonesia dikejutkan oleh munculnya penyakit Legionnaire yang terjadi di Bali. Media mengungkapkan bahwa salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini menyerang sepuluh orang turis asal Australia yang kembali  dari Bali. Lalu apa itu penyakit Legionnaire???

    Penyakit legionnaire merupakan sejenis penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Legionnellae. Legionnaire merupakan penyakit pneumonia yang lebih akut. Bakteri Legionnellae hidup di media atau lingkungan air yang hangat, seperti di tangki penyimpan air panas, bathtubeshower, sistem perpipaan, menara pendingin (cooling tower), kolam renang, dan sistem air-conditioning.Ukuran sel Legionnellae rata-rata berkisar antara 0.5-1.0 micrometer (lebar) dan 1.0-3.0 micrometer (panjang) (Barbaree, J. M. "Controlling Legionella in Cooling Towers,"  ASHRAE Journal, June 1991; 38-42). Bakteri ini merupakan bakteri gram negatif. Spesies Legionnelae pneumophila  adalah penyebab penyakit Legionnaire ini.

    Pertama kali penyakit ini ditemukan pada tahun 1976 di Philadelphia, Amerika Serikat yang menyerang 221 orang dan menyebabkan kematian sebanyak 34 orang. Penyakit ini mudah menyerang manusia pada usia paruh baya hingga tua, terutama para perokok, seseorang yang memiliki penyakit paru-paru, ginjal, diabetes, atau seseorang dengan tingkat imunitas yang rendah. Penyakit ini menular melalui sistem pernapasan dan pencernaan manusia dengan menghirup atau meminum air yang terkontaminasi bakteri Legionnela.

    Penyakit Legionnaire berkembang dalam 2 hingga 10 hari setelah seseorang terpapar oleh Legionella. Gejala awal yang muncul antara lain hilangnya energi, sakit kepala, nausea, demam tinggi, diare, batuk kering, sesak napas, hilang nafsu makan, dan nyeri dada. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian jika demam tinggi dan antibodi tidak mampu melawannya. Korban yang bertahan pada akhirnya akan mengalami kelainan secara fisik maupun mental.


    Legionnaire adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh lingkungan, dalam hal ini air. Legionnellae yang habitat hidupnya di air menyerang manusia dan ini berbeda dengan penyakit menular seperti AIDS yang ditransmisikan dari orang ke orang. Oleh karenanya, dalam mencegah munculnya penyakit ini, kuncinya adalah menjaga agar air bebas dari bakteri Legionnellae melalui pemeliharaan sistem perpipaan, penggunaan disinfektan , dan thermal eradication untuk meminimalisasi pertumbuhan bakteri

0 komentar:

Posting Komentar